Pengertian dan tafsir ayat kursi

Arti dan Tafsir Ayat Kursi

Ayat Kursi atau Al-Baqarah 2:255 adalah ayat yang sangat terkenal dalam Al-Quran. Ayat ini sering dibaca dan dihafal oleh umat Muslim di seluruh dunia karena dianggap sebagai salah satu ayat paling penting dan penuh dengan makna.

Berikut adalah teks ayat Kursi dalam bahasa Arab:

اللَّهُ لاَ إِلَٰهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَّهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاو ;َاتِ وَالأَرْضَ وَلاَ يَؤُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Berikut adalah arti dari ayat Kursi dalam bahasa Indonesia:

"Allah! Tidak ada ilah yang berhak disembah selain Dia, Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Berikut ini adalah beberapa tafsir dan penjelasan mengenai ayat kursi:

  1. Kedudukan Allah. Ayat Kursi menggambarkan kekuasaan Allah yang Maha Besar dan Kekal. Ayat ini menjelaskan bahwa Allah berkuasa atas segala hal, dan tidak ada yang dapat menandingi-Nya. Ayat ini juga menekankan bahwa Allah mengawasi segala sesuatu dan tidak ada yang luput dari penglihatan-Nya.
  2. Perlindungan. Ayat Kursi juga dianggap sebagai salah satu doa perlindungan yang paling kuat. Ayat ini meminta perlindungan kepada Allah dari segala bahaya dan gangguan, baik yang datang dari manusia maupun jin. Dengan membaca ayat kursi, seseorang diharapkan bisa merasa aman dan tenang.
  3. Keimanan. Ayat Kursi juga mengajarkan keimanan kepada Allah dan keesaan-Nya. Ayat ini menjelaskan bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berkuasa dan mengendalikan segala sesuatu di alam semesta. Ayat ini juga menunjukkan betapa besarnya kekuasaan Allah dan keutamaan-Nya.
  4. Pengampunan. Ayat Kursi mengajarkan pentingnya memohon ampunan kepada Allah. Ayat ini mengajarkan bahwa Allah adalah Maha Pengampun dan selalu siap untuk memaafkan dosa-dosa manusia, asalkan mereka merendahkan diri dan memohon ampun dengan sungguh-sungguh.

# Ayat Kursi   # Islam  

Kontributor: Romie Ariesandy
0