Sejarah Lahirnya Youtube

Sejarah Lahirnya Youtube yang Tidak Banyak Orang Tahu

Tidak banyak yang tahu bagaimana Youtube pertama kali lahir dan bagaimana proses menjadi besar sampai sekarang. Youtube didirikan pertama kali oleh 3 orang karyawan PayPal bernama Steven Chen, Chad Hurley, Jawed Karim. Idenya saat itu adalah karena mereka ingin mencari video yang saat itu viral, yaitu kejadian baju Janet Jackson yang tersingkap saat acara superbowl dan tsunami terbesar dalam secara yang terjadi di India, Aceh dan tempat-tempat lainnya. Sebagaimana startup jaman dulu, Youtube mengawali perusahaan rintisannya menggunakan ruang garasi sebagai kantor tempat mereka bekerja.

Pada tanggal 14 Februari 2005 adalah tanggal bersejarah dimana Youtube pertama kali dirilis dan diperkenalkan. Video pertama yang diunggah saat itu adalah video Jawed berjudul "Me at The Zoo".

Untuk memperbesar agar Youtube bisa dikenal lebih luas, mereka memperkenalkan fitur baru yaitu teknologi embed html pada tahun yang sama. Dan dengan adanya fitur baru tersebut menjadikan Youtube semakin dikenal luas. Dan seiring penggunaan Youtube yang meluas, Squoia tertarik dengan ide platform Youtube sehingga mereka mendapatkan suntikan pendanaan dari Squoia sebesar 11.5 juta USD.

Dengan suntikan dana tersebut menjadikan pertumbuhan Youtube begitu cepat dan Google pun tertarik melihat potensi startup tersebut, sehingga berselang 1 tahun dari pendanaan Squoia, pada tahun 2006, Google memutuskan membeli Youtube secara keseluruhan dengan nilai 1.65 Milyar USD.

Baca Juga: Fitur Baru Telegram 2023, Lebih Kaya Fitur

Google melihat potensi Youtube untuk menjadi alternatif dalam mendatangkan pundi-pundi penghasilan, dan Google pun menghubungkan platform tersebut dengan jaringan adsense yang dimilikinya. Youtube pun bertumbuh makin besar. Tercatat pada tahun 2022 mereka berhasil meraih pendapatan 7 Milyar USD.

Kelahiran Youtube dewasa ini sudah bisa menggeser posisi televisi sebagai alternatif mengisi hiburan. Bahkan tak sedikit melahirkan banyak konten kreator yang menjadikan Youtube sebagaii lahan pekerjaan dengan penghasilan dari adsense. Konten kreator ini dikenal dengan sebutan Youtuber. Kalau kamu tertarik menjadi youtube, kamu bisa membaca artikel di inisurabaya.id berjudul "Cara Menghasilkan Uang dari Youtube".

#  

Artikel Lain yang Mungkin Anda Suka:
Kontributor: Difa Yuliansyah
1921