Hal yang Sering Ditemui di Awal Bulan Ramadhan

Hal yang Sering Ditemui di Awal Bulan Ramadhan

Memasuki bulan Ramadhan tentunya menjadi satu momen yang ditunggu-tunggu untuk sebagian besar umat muslim. Karena itu, tidak heran euforia ini memunculkan situasi-situasi unik yang sering kita temui di awal bulan Ramadhan.

1. Shaf Tarawih Penuh

Sudah menjadi pemandangan rutin, tiap awal bulan Ramadhan, banyak yang berbondong-bondong memenuhi masjid, musholla atau surau, untuk ramai-ramai menjalankan sholat Tarawih. Walau sholat tarawih hukumnya sunnah, namun tidak menyurutkan semangat umat muslim untuk bergembira menyambut Ramadhan dengan menunaikan sholat Tarawih.

2. Penjual Takjil Bermunculan

Momen takjil adalah momen yang ditunggu-tunggu umat muslim setelah seharian berpuasa. Apalagi di awal bulan puasa, orang seolah-olah bernafsu untuk bersegera berbuka sesaat adzan maghrib berkumandang. Saking tingginya permintaan takjil, membuat penjual lama, tidak pernah bisa memenuhi permintaan yang membludak secara bersamaan. Hal itulah yang dimanfaatkan penjual takjil, untuk menampung limpahan permintaan dengan menjual varian takjil yang menarik.

3. Mendadak Suka Bersedekah

Memang sudah menjadi keharusan, setiap umat muslim bersedekah. Namun terkadang pada hari-hari biasa, sering kali kita tidak terlalu mengindahkan kebiasaan bersedekah ini. Ramadhan seolah menjadi trigger lagi buat kita untuk bersemangat bersedekah. Apalagi pahala yang dijanjikan berlipat ganda di bulan Ramadhan ini.

4. Baca Qur'an Setiap Hari

Bukan hal yang baru, setiap Ramadhan di masjid, musholla dan surau selalu diramaikan dengan kegiatan tadarus Qur'an. Namun tidak semua meramaikan tadarus Qur'an di tempat ibadah. Ada juga yang menjalankannya di rumah. Bahkan tidak sedikit yang bersemangat untuk berusaha mengkhatamkan qur'an sepanjang Ramadhan.

5. Kembang Api / Mercon

Ini adalah tradisi yang sebenarnya mengganggu, namun sebagian orang selalu memanfaatkan momen Ramadhan ini dengan menyalakan kembang api atau mercon. Karena adanya permintaan yang relatif banyak, tidak sedikit penjual kembang api yang memanfaatkan momen Ramadhan dengan memperbanyak stok jualan kembang apinya. Ada baiknya kalau kita tidak ikut-ikutan membelinya. Tanpa adanya permintaan, lama-lama penjual juga menghilang dengan sendirinya.

6. Ronda Sahur

Kegiatan ini sering diramaikan oleh anak-anak dan remaja. Apalagi pas awal-awal Ramadhan, mereka sangat senang begadang. Apalagi sekolah juga libur awal puasa, tentunya kegiatan tersebut tidak dilewatkan oleh mereka. Mendekati jam sahur, mereka akan berkeliling membunyikan kentongan dari benda apa saja yang bisa disiapkan dan dibunyikan, sambil mereka berteriak bersama "Sahuuurrr... Sahuurr....."

Itulah momen-momen yang sering kita temui di awal Ramadhan. Selamat menjalankan ibadah puasa.

# Ramadhan  

Kontributor: Difa Yuliansyah
0