iStock

Bibir Kering Saat Puasa? Bukan Masalah.. Ini Tipsnya

Saat berpuasa tentu saja tubuh akan mengalami kekurangan cairan. Ini tidak saja menyebabkan badan terasa lemas, tetapi juga berpengaruh pada kesehatan bibir. Maka wajar saja jika saat berpuasa bibir akan terasa kering. Bahkan jika sudah terlalu berlebihan, bibir akan pecah dan mudah terkelupas.

Berbagai cara bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah bibir kering terutama saat kita berpuasa, yaitu:

1. Yang paling mudah adalah memperbanyak minum air putih untuk memenuhi kebutuhan tubuh kurang lebih 8 gelas saat sahur dan buka puasa. 

2. Eksfoliasi bibir
Dilakukan dengan cara scrubbing untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir. Bisa menggunakan produk scrub bibir yang banyak beredar atau dengan bahan alami seperti mencampur gula dan madu, atau kayu manis dengan minyak zaitun. Lakukan scrub bibir ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu agar bibir tidak kering dan pecah-pecah.

3. Saat sahur dan berbuka, perbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung air seperti ketimun, tomat, dan masih banyak lagi.

4. Mengurangi makan makanan asin dan pedas saat sahur. Makanan asin akan menyerap cairan tubuh sehingga tubuh akan semakin kekurangan cairan. Oleh karena itu, berbuka puasa sebaiknya dengan makanan yang manis.

5. Konsumsi madu saat berbuka puasa. Madu ini bisa dioleskan ke bibir seperti lipbalm atau bisa juga diminum agar saat berpuasa tubuh menjadi semakin fit.

inovasee.com

6. Selain madu, kita juga bisa menggunakan lidah buaya untuk melembabkan bibir. Oleskan gel dari lidah buaya le bibir atau bisa juga diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

7. Ketimun, bisa kita gunakan sebagai masker untuk melembabkan bibir. Caranya mudah, cukup potong-potong ketimun, lalu tempelkan pada bibir.

8. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh. Selain efek samping kafein yang tidak baik bagi kesehatan, kafein juga akan mempercepat penyerapan cairan tubuh

9. Jangan melakukan kebiasaan buruk seperti mengkelopek bibir yang pecah. Ini akan menyebabkan bibir berdarah dan lapisan kulit bibir menjadi semakin tipis. 
Jangan pula menjilat bibir saat terasa kering karena ini justru akan membuat bibir makin kering.

Nah itu dia beberapa cara untuk menjaga agar bibir tidak kering selama berpuasa.
Puasa lancar, ibadah tenang.

# Kesehatan   # Puasa   # Madu   # Lidah Buaya   # Bibir Kering   # Bibir Pecah Pecah   # Tip Trik  

Artikel Lain yang Mungkin Anda Suka:
Kontributor: Difa Yuliansyah
0