puasa syawal, puasa syawal berapa hari, puasa syawal kapan, puasa syawal boleh tidak berurutan, faedah puasa syawal 6 hari

Image by Canva

Masih Malas Puasa Syawal? Ini Lho Keutamaannya!

Puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dilakukan pada bulan Syawal setelah bulan Ramadan. Puasa Syawal terdiri dari enam hari yang tidak harus dilakukan secara berturut-turut, tetapi dapat dilakukan secara terpisah pada bulan Syawal. Puasa Syawal juga sering disebut sebagai puasa enam hari Syawal, karena jumlah hari puasa yang dilakukan adalah enam hari.

Puasa Syawal sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan termasuk dalam puasa sunnah yang sangat baik untuk dilakukan setelah selesai berpuasa di bulan Ramadan. Meskipun puasa Syawal bukan merupakan kewajiban bagi umat Muslim, namun ada banyak keutamaan dan manfaat yang dapat diperoleh dari puasa ini. Beberapa keutamaan puasa Syawal antara lain adalah mendapatkan pahala seperti puasa sunnah, membersihkan dosa setelah berpuasa di bulan Ramadan, dan memperkuat keteguhan hati dalam menjalankan ibadah.

Dalil tentang puasa Syawal adalah sebagai berikut:

Hadis dari Abu Ayyub Al-Anshari ra. ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan enam hari pada bulan Syawal, maka seolah-olah dia berpuasa sepanjang tahun" (HR. Muslim)

Hadis dari Abu Hurairah ra. ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan kemudian diikuti dengan (puasa) enam hari pada bulan Syawal, maka itu sama dengan pahala puasa sepanjang tahun" (HR. At-Tirmidzi)

Hadis dari Aisyah ra. ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah puasa seorang muslim di bulan Ramadhan dan enam hari pada bulan Syawal, kecuali diampuni dosa-dosanya yang telah lalu" (HR. Muslim)

Dari ketiga hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dianjurkan bagi umat Muslim setelah selesai berpuasa di bulan Ramadan. Puasa Syawal juga memiliki keutamaan yang besar, seperti mendapatkan pahala seperti puasa sepanjang tahun dan menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

Walaupun banyak keutamaannya, tapi puasa syawal seringkali ditinggalkan, ini beberaoa kemungkinan penyebabnya:

Kondisi fisik yang lelah setelah berpuasa di bulan Ramadan. Puasa di bulan Ramadan membutuhkan kesabaran dan ketahanan untuk menahan lapar dan haus selama sepanjang hari. Setelah selesai berpuasa selama sebulan penuh, beberapa orang mungkin merasa kelelahan secara fisik dan sulit untuk menjalankan puasa Syawal.

Kehadiran acara atau kegiatan yang membuat waktu terbatas. Bulan Syawal sering kali diisi dengan berbagai acara dan kegiatan, seperti lebaran atau mudik, yang membutuhkan waktu dan tenaga. Kehadiran acara atau kegiatan ini bisa menjadi penghalang bagi orang yang ingin melaksanakan puasa Syawal.

Tidak mengetahui keutamaan dan manfaat dari puasa Syawal. Banyak orang mungkin tidak mengetahui tentang keutamaan dan manfaat dari puasa Syawal, sehingga tidak termotivasi untuk melakukannya.

Nah, agar kita bersemangat dan termotivasi untuk melakukan puasa Syawal, ini tips-nya:

Berusaha memahami dan mengetahui keutamaan puasa syawal. Ketika kita mengetahui dan memahami manfaat dan keutamaan dari puasa Syawal, maka akan lebih termotivasi untuk melaksanakannya.

Memperkuat niat dan tekad untuk berpuasa. Memperkuat niat dan tekad untuk melaksanakan puasa Syawal akan membantu kita tetap fokus dan semangat dalam menjalankan ibadah tersebut.

Mengatur jadwal puasa dengan baik. Mengatur jadwal puasa Syawal dengan baik, misalnya dengan tidak menumpuk banyak kegiatan pada hari yang sama atau memilih hari-hari yang paling memungkinkan untuk melaksanakan puasa, dapat membantu kita untuk lebih mudah dan semangat dalam menjalankannya.

Membuat rencana kegiatan yang bisa dilakukan selama berpuasa. Selama berpuasa Syawal, kita bisa memanfaatkan waktu luang dengan melakukan kegiatan yang positif, seperti beribadah, mengaji, membaca buku, atau melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Dan yang terakhir dan paling penting, berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah SWT agar diberikan kemampuan dan kekuatan untuk melaksanakan puasa Syawal dengan baik.

Dengan menjalankan tips-tips di atas, diharapkan kita dapat lebih semangat dan termotivasi dalam melaksanakan puasa Syawal.

# Tip Trik   # Puasa Syawal   # Puasa  

Artikel Lain yang Mungkin Anda Suka:
Kontributor: Romie Ariesandy
0