keutamaan bersedekah

Disediakan Pintu Surga Khusus untuk yang Suka Bersedekah

Kegiatan bersedekah, tidak pernah bosan menjadi topik yang selalu dibahas, karena selain memang memiliki banyak keutamaan, juga memelihara kebiasaan masyarakat Indonesia untuk senang bersedekah, sebagaimana yang pernah dibahas di blog InformasiNetijen tentang Indonesia yang menjadi negara paling sering bersedekah versi World Giving Index.

Bersedekah bisa banyak bentuk dan contohnya. Tidak melulu uang, kita bisa juga bersedekah dengan tenaga, dan juga bisa hanya dengan sekedar senyum. Untuk lebih memotivasi kita dalam bersedekah, ada baiknya kita coba simak apa-apa saja keutamaan dari bersedekah berikut ini.

1. Terdapat pintu surga yang hanya dapat dimasuki oleh orang yang suka bersedekah (HR. Bukhari no. 3666. Muslim no.1027)

Nabi Muhammad SAW bersabda: "Orang yang berinfaq fisabilillah akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga yang berseru, 'Wahai hamba Allah, kemarilah menuju kenikmatan'. Jika dari golongan yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, jika dari kalangan mujahid, akan dipanggil dari pintu jihad, dan jika dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR Bukhari 3666, Muslim 1027)

Tentunya privilege memasuki pintu surga khusus ini, menjadi hal yang bisa kita banggakan di akhirat kelak.

2. Sedekah dapat membebaskan dari siksa kubur (HR. Thabrani dishahihkan Al Albani dalam shahih At Targhib 873)

3. Sedekah menjauhkan diri dari api neraka (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016)

Sudah di alam kubur dibebaskan dari siksa kubur, juga dijauhkan dari api neraka pula. Sungguh keutamaan yang menarik, bukan?

4. Pahala sedekah terus berkembang (HR. At Tirmidzi 662)

Salah satu contohnya adalah jika kita bersedekah pada renovasi masjid. Tentunya selama masjid itu dipakai jamah untuk sholat, pahala pun tetap mengalir meski kita sudah meninggal.

5. Orang yang bersedekah akan merasakan dada yang lapang dan hati yang gembira (HR. Bukhari 1443)

6. Sedekah dapat menghapus dosa (HR. Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam shahih At Tirmidzi 614)

Selama sedekah dilakukan dengan ikhlas, tentunya akan ada kedamaian dalam hati dengan sedekah yang sudah kita lakukan

7. Sedekah menjadi bukti keimanan seseorang (HR. Muslim 223)

8. Sedekah memberikan keberkahan pada harta (HR. Muslim 2588)

[ads4]

9. Allah melipat-gandakan orang yang bersedekah (QS. Al Hadid 18)

Ayat ini yang sering disalahtafsirkan oleh sebagian besar orang. Bahkan kasus yang menimpa ustadz Yusuf Mansyur menjadi contoh nyata, bagaimana orang-orang berpikir untuk bersedekah dengan harapan hartanya berlipat ganda. Padahal Alloh melipat-gandakan dalam konteks ini, tidak selalu dalam bentuk yang sama dan waktu yang cepat, bisa jadi dalam bentuk lain dan waktu yang hanya Alloh yang akan memutuskannya. Karenanya sebelum bersedekah, pastikan sedekah kita itu dilakukan dengan rasa ikhlas. Kalaupun bonus berlipat ganda itu datang segera, maka syukurilah saat hari itu tiba.

10. Orang yang bersedekah akan mendapatkan naungan di hari akhir (HR. Bukhari 1421)

Setelah mengetahui keutamaan-keutamaan bersedekah, sudah lebih bersemangat bersedekah? Yuk segera!

Disclaimer: Artikel ini tidak untuk membela ataupun menilai kasus yang terjadi pada Ustadz Yusuf Mansyur. Murni untuk memperjelas keutamaan sedekah yang sering salah diterapkan ditengah masyarakat kita.

# Sedekah  

Kontributor: Difa Yuliansyah
0