pengertian etika, moral adalah, etika dan moral,  dilema etika

Image by Canva

Hasil Studi: Penurunan Kualitas Moral dan Etika Masyarakat

Moral dan etika adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Kualitas moral dan etika masyarakat dapat mempengaruhi kualitas kehidupan bersama. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, banyak penelitian dan studi yang menunjukkan bahwa kualitas moral dan etika masyarakat mengalami penurunan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penurunan kualitas moral dan etika masyarakat, serta beberapa studi terkait yang membahas tentang hal ini.

Pengaruh Media Sosial

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi penurunan kualitas moral dan etika masyarakat adalah pengaruh media sosial. Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan media sosial semakin meluas. Media sosial menjadi salah satu sumber informasi yang paling sering diakses oleh masyarakat. Namun, penggunaan media sosial yang tidak bijak dapat mempengaruhi moral dan etika masyarakat. Hal ini dapat terjadi karena adanya konten-konten yang tidak pantas dan tidak sesuai dengan nilai-nilai moral yang berlaku.

Penelitian yang dilakukan oleh Mardiah Rachmawati dan Sari Arifin (2019) menunjukkan bahwa pengaruh media sosial dapat mempengaruhi perubahan nilai dan moral pada generasi muda. Hal ini terjadi karena penggunaan media sosial yang tidak terkontrol dan kurangnya pengawasan dari orang tua. Studi yang dilakukan oleh Indonesian Survey Institute (LSI) pada tahun 2020 juga menunjukkan bahwa 70,2% responden menyatakan bahwa etika generasi muda saat ini menurun dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Kurangnya Pendidikan Nilai dan Moral

Selain pengaruh media sosial, kurangnya pendidikan nilai dan moral juga dapat mempengaruhi penurunan kualitas moral dan etika masyarakat. Pendidikan nilai dan moral harus diberikan sejak dini, baik di rumah maupun di sekolah. Namun, pada kenyataannya, pendidikan nilai dan moral yang diberikan masih kurang dalam membentuk karakter dan nilai positif pada generasi muda.

Penelitian yang dilakukan oleh Ana Reisa Purwandari dan Siti Armiyati (2020) menunjukkan bahwa pendidikan nilai dan moral yang diberikan oleh keluarga dan sekolah masih kurang dalam membentuk karakter dan nilai positif pada generasi muda. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Maryati dan Ira Yuliar (2021) juga menunjukkan bahwa peran orang tua dan lingkungan keluarga dapat mempengaruhi nilai moral pada anak usia sekolah dasar.

Perubahan Nilai dan Moral yang Diakui Masyarakat

Perubahan nilai dan moral yang diakui masyarakat juga dapat mempengaruhi penurunan kualitas moral dan etika masyarakat. Nilai dan moral yang diakui masyarakat merupakan pandangan dan keyakinan yang dianut oleh masyarakat. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, banyak terjadi perubahan

nilai dan moral yang diakui oleh masyarakat. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor seperti globalisasi, modernisasi, dan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat.

Studi yang dilakukan oleh Satrio Adityo Wibowo dan Fani Fadilah (2018) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai moral yang diakui oleh generasi muda saat ini dengan generasi sebelumnya. Hal ini terjadi karena pengaruh budaya populer dan globalisasi yang semakin meluas. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Marzuki (2019) juga menunjukkan bahwa terdapat perubahan nilai yang diakui oleh masyarakat Indonesia, terutama pada nilai-nilai kebersamaan, toleransi, dan keterbukaan.

Perubahan Sosial dan Ekonomi

Perubahan sosial dan ekonomi juga dapat mempengaruhi penurunan kualitas moral dan etika masyarakat. Perubahan sosial dan ekonomi dapat mempengaruhi gaya hidup dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat. Perubahan ini dapat mempengaruhi kualitas moral dan etika masyarakat karena adanya perubahan dalam tata nilai dan norma yang berlaku.

Studi yang dilakukan oleh Widianto dan Nurul Jannah (2020) menunjukkan bahwa perubahan sosial dan ekonomi dapat mempengaruhi nilai-nilai yang diakui oleh masyarakat. Hal ini dapat terjadi karena perubahan ekonomi yang cepat dan adanya mobilitas sosial yang tinggi. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh Hidayat dan Siregar (2020) juga menunjukkan bahwa perubahan sosial dan ekonomi dapat mempengaruhi tingkat kepatuhan terhadap aturan-aturan dan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.

Kesimpulannya, penurunan kualitas moral dan etika masyarakat merupakan masalah yang sangat kompleks dan memerlukan upaya yang bersifat komprehensif. Dari beberapa faktor dan studi terkait yang telah dijelaskan di atas, dapat disimpulkan bahwa peran media sosial, pendidikan nilai dan moral, perubahan nilai dan moral yang diakui masyarakat, serta perubahan sosial dan ekonomi, semuanya dapat mempengaruhi penurunan kualitas moral dan etika masyarakat.

Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan upaya dari berbagai pihak, baik dari keluarga, sekolah, maupun pemerintah. Keluarga dan sekolah harus memberikan pendidikan nilai dan moral yang baik dan berkualitas untuk generasi muda. Selain itu, pemerintah juga harus memberikan dukungan dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas moral dan etika masyarakat. Dengan upaya yang bersifat komprehensif, diharapkan penurunan kualitas moral dan etika masyarakat dapat teratasi dan kualitas kehidupan bersama dapat terus meningkat.

#  

Kontributor: Romie Ariesandy
0