Gaya Hidup, Gaya Hidup Berkelanjutan, SustainableLlifestyle

Shutterstock

Ciptakan Masa Depan yang Lebih Baik dengan Menerapkan Gaya Hidup Berkelanjutan

Pada era modern ini, perubahan iklim, polusi, kepunahan spesies hewan dan tumbuhan menjadi masalah lingkungan yang semakin parah dan mengkhawatirkan. Maka dari itu kita perlu menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Apa itu gaya hidup berkelanjutan? Apa saja contoh, tujuan dan manfaatnya?

Apa Itu Gaya Hidup Berkelanjutan?

Gaya hidup berkelanjutan atau sustainable lifestyle dapat diartikan sebagai cara hidup dan bertindak dengan kepedulian terhadap lingkungan. Maksudnya, gaya hidup berkelanjutan merupakan gaya hidup yang berusaha meminimalkan dampak negatif dari perbuatan manusia, melestarikan lingkungan, dan juga menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi generasi di masa depan.

Apa Saja Contoh Dari Gaya Hidup Berkelanjutan?

Untuk merubah gaya hidup kamu menjadi gaya hidup yang berkelanjutan. Kamu bisa menyimak contoh-contoh dari gaya hidup berkelanjutan berikut ini:

1. Memilah Sampah

Setiap kali kamu akan membuang sampah, biasakan untuk memilah atau membedakan jenis sampah tersebut. ada 3 jenis sampah yang bisa kamu pilah yaitu sampah organik, sampah anorganik, dan sampah B3 atau bahan berbahaya.

2. Hemat Menggunakan Listrik

Listrik merupakan sumber daya alam yang tidak terbarukan. maka dari itu, kita harus menggunakannya secara bijak agar tidak cepat habis. Kamu bisa memulai menghemat listrik dengan cara sederhana seperti mematikan lampu atau peralatan listrik saat tidak digunakan.

3. Gunakan Peralatan Makan dan Minum yang Ramah Lingkungan

Ketika kamu ingin memakan atau meminum sesuatu. Biasakan untuk menggunakan peralatan yang ramah lingkungan. Maksudnya, peralatan yang kamu gunakan usahakan bisa digunakan kembali. Seperti makan menggunakan piring kaca, membawa thumbler saat ingin membeli minuman, dan hindari penggunaan peralatan makan yang terbuat dari plastik.

Tujuan Dari Gaya Hidup Berkelanjutan

Tujuan dari penerapan gaya hidup berkelanjutan adalah untuk melestarikan lingkungan dan memastikan bahwa generasi di masa depan dapat hidup di planet yang sehat.

Manfaat Dari Gaya Hidup Berkelanjutan

Gaya hidup berkelanjutan mempunyai beberapa manfaat. Baik bagi lingkungan, kesehatan, maupun ekonomi. Berikut ini adalah manfaat dari gaya hidup berkelanjutan:

Menjaga Kelestarian Lingkungan

Gaya hidup berkelanjutan dapat mengurangi pencemaran lingkungan, perubahan iklim, dan juga kepunahan spesies hewan dan tumbuhan. Dengan menerapkan gaya hidup berkelanjutan. Itu menujukkan bahwa kamu telah berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Meningkatkan Kesehatan

Gaya hidup berkelanjutan juga dapat meningkatkan kesehatan manusia, karena dengan menerapkan gaya hidup ini, Polusi udara dan air menjadi berkurang.

Meningkatkan Ekonomi

Gaya hidup berkelanjutan juga dapat meningkatkan ekonomi karena gaya hidup ini dapat menciptakan lapangan kerja pada sektor-sektor berkelanjutan seperti energi terbarukan dan transportasi umum.

#  

Kontributor: Faynimation
0