Buzzer adalah, Jasa Buzzer

Apa itu Buzzer?

[p2]Buzzer adalah orang atau sekelompok orang yang melakukan aktifitas di internet, khususnya di media sosial untuk menyebarkan informasi agar orang lain mengetahui informasi tersebut. Informasi yang disampaikan dari orang personal dalam hal ini individu maka orang ini disebut influencer. Sedangkan jika yang melakukan adalah sekelompok orang, maka disebut buzzer.

Inti dari buzzer adalah menyampaikan informasi kepada orang lain. Jika buzzer digerakkan oleh banyak orang, maka informasi yang disampaikan menjadi populer dan disebut viral. Buzzer ini biasanya di awal digerakkan oleh organisasi privat, namun ketika konten itu populer dan disukai oleh orang lain, dan orang lain ikut menyebarkan dan meramaikan, maka orang lain yang tidak terafiliasi dengan organisasi privat tersebut, juga dianggap melakukan aktifitas buzzer.

Apakah Buzzer itu sebuah profesi?

Ya, buzzer adalah profesi yang berhubungan dengan internet marketing dan digital marketing. Brand atau produk yang ingin dipasarkan biasanya membutuhkan jasa buzzer ini agar produknya bisa dikenali dalam waktu cepat. Intensitas kecepatan viral bergantung seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh penyewa jasa ini. Biaya tersebut salah satunya digunakan sebagai iming-iming kepada buzzer diluar komunitas, yang terpilih beruntung, untuk diberikan rewards. Biasanya berupa merchendise, pulsa, ataupun uang tunai.

Apakah informasi yang disampaikan Buzzer itu benar?

[p4]Tidak selalu. Untuk informasi dari produk atau brand, karena memang tujuannya untuk beriklan, tentu masih relevan dengan produk atau brandnya. Namun terkadang, buzzer juga ada yang digunakan untuk menyudutkan seseorang ataupun organisasi. Tahun-tahun mendekati pemilu, biasnya buzzer-buzzer politik bermunculan. Informasi yang disampaikan seputar politik. Kebenaran akan informasi itu bias, karena sarat kepentingan politik. Jadi warganet juga harus pandai memilah informasi-informasi yang berseliweran karena aktifitas buzzer ini, karena terkadang, tujuannya untuk menggiring opini publik.

Bagaimana cara menghubungi jasa buzzer?

Tidak mudah, karena memang mereka bergerak secara anonim. Biasanya mereka dihubungkan oleh agensi tertentu. Namun, terkadang, tidak perlu mencari jasa buzzer, yang penting punya tim banyak, mereka bisa dikoordinasi untuk membentuk aktifitas buzzer.

Dimana aktifitas Buzzer paling mudah ditemui?

[p6]Paling banyak di twitter. Karena algoritma twitter yang memang mempopulerkan hashtag, menjadi mudah dimainkan dengan kuantitas postingan dari para buzzer. Berbeda dengan youtube, facebook maupun instagram. Instagram lebih banyak menggunakan influencer. Para influencer ini biasanya berafiliasi dengan agensi marketing.

Nah, sekarang kamu tahu apa itu buzzer.

# Jasa  

Artikel Lain yang Mungkin Anda Suka:
Kontributor: Difa Yuliansyah
0