Khutbah Jumat Bulan Ramadhan

Khutbah Jumat Bulan Ramadhan: Keutamaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan tentunya berbeda dengan bulan lainnya. Setiap hal positif meski tergolong kecil yang kita lakukan tentunya bernilai ibadah. Dan diganjar pahala yang berlipat ganda. Memotong kuku misalnya, atau merapikan kumis, bahkan tidurnya orang berpuasa pun juga dinilai ibadah.

Namun untuk urusan tidur ini, banyak yang salah menggunakannya sebagai alasan bermalas-malasan. Kebanyakan masyarakat menggunakan alasan tersebut saat tidak ingin disalahkan karena kebanyakan tidur saat berpuasa. Padahal esensi dari hal kecil bernilai ibadah itu bukanlah demikian.

Di bulan puasa, hal positif meski kecil, dinilai ibadah apalagi hal-hal besar. Seperti membaca Qur'an, sholat sunnah, berdzikir, sholat wajib tepat waktu. Semuanya akan diganjar berlipat ganda oleh Alloh.

Kehadiran bulan Ramadhan, adalah bentuk kasih sayang Alloh kepada umat manusia. Diberikannya bulan Ramadhan sebagai satu bulan yang bisa dimanfaatkan setiap manusia untuk memperbanyak pahala semaksimal mungkin.

Analoginya sama dengan karyawan yang mendapatkan THR saat satu bulan dari 1 tahun. Tapi bedanya, kalau manusia mendapatkan THR terbatas jumlahnya, sedangkan Alloh memberikan jumlah yang berlimpah di bulan Ramadhan ini. Tak terbatas, sebanyak yang bisa kita mampu untuk mendapatkannya.

Karena itu, sangat disayangkan kalau Ramadhan hanya dibiarkan numpang lewat, padahal begitu banyak nikmat Alloh di bulan ini. 

# Ramadhan  

Artikel Lain yang Mungkin Anda Suka:
Kontributor: Difa Yuliansyah
0